Pertolongan Pertama Saat Anak Digigit Binatang Peliharaan

Memiliki binatang peliharaan memang menggemaskan dan menyenangkan. Begitupun yang dirasakan oleh anak, bermain dengan binatang peliharaan akan membuatnya senang. Tapi bagaimana kalau tiba-tiba 
binatang peliharaan nggak sengaja menggigit dan dampaknya membuat luka dan berdarah?


Pertolongan Pertama Saat Anak Digigit Binatang Peliharaan


Fimela.com - Menurut dr. Yoga Pranata, Sp.An., berikan tekanan di sekitar daerah yang digigit selama beberapa menit hingga darah berhenti mengalir.  Segeralah untuk membersihkan luka dengan air bersih dan sabun. “Jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter ketika anak digigit atau diserang binatang hingga terluka,” katanya.


Gejala yang perlu diwaspai saat anak tergigit binatang bisa kamu lihat, misalnya terlihat tanda-tanda infeksi, luka bernanah, bengkak hingga muncul guratan berwarna merah dari area tubuh yang terkena gigitan. “Kalau luka terlihat dalam dan luka tidak dapat berhenti darahnya maka segara bawa ke dokter dan sambil menekan sekitar daerah yang digigit,” ujar dr. Yoga, Sp.An., singkat.

Pencegahan
Untuk mencegah anak terluka akibat gigitan binatang peliharaan, kamu bisa mengajarkan anak untuk tidak mengusik atau mengajak bermain binatang yang tidak dikenal.  Berikan pengawasan saat anak bermain dengan hewan peliharaan. Jangan biarkan anak sendirian bersama hewan peliharaannya.

Bagi kamu yang memiliki binatang peliharaan di rumah, rutinlah memeriksakan kesehatan ke dokter hewan. Memberikan suntikan DPT untuk mencegah tetanus dan imunisasi rabies untuk hewan peliharaan merupakan salah satu langkah pencegahan yang tepat.

0 komentar

Cancel Reply